Rabu, 14 September 2016

Tips Tanaman Hias Tumbuh Subur

Cara Agar Tanaman Hias Tumbuh Subur - Jika kita belum pernah memiliki atau menanam tanaman hias dan berniat untuk menanamnya maka jangan sekali-kali melakukannya tanpa belajar terlebih dahulu bagaimana cara merawat tanaman hias. Hal ini sangat penting karena pada umumnya tanaman hias membutuhkan perhatian yang lebih banyak dari pada jenis tanaman lain yang ada di sekitar rumah idaman kita. Tanpa persiapan pengetahuan yang cukup maka sering kali tanaman yang sudah dengan susah payah kita tanam tidak dapat berkembang dengan baik atau bahkan bisa mati.
Kebanyakan tanaman hias sangat membutuhkan perhatian serius agar tanaman hias tumbuh subur dan bisa menghiasi rumah kita. Oleh karena itu untuk artikel rumah idaman kali ini kita akan membahas mengenai berbagai macam tips dan kiat dalam perawatan berbagai tanaman tersebut. Sebelum kita lebih jauh membahas mengenai hal ini, simak juga beberapa pembahasan sejenis lainnya yaitu:
3) Bagaimana cara merawat bunga 
4) Bagaimana cara merawat tanaman 
5) Tips agar tanaman hias tumbuh subur 
6) Tips memupuk tanaman hias dalam pot 
7) Agar tanaman tumbuh subur, simak ini dulu
8) Cara merawat tanaman hias agar tumbuh subur 
9) Cara merawat agar tanaman hias tumbuh subur 
10) Cara merawat tanaman dan aneka tanaman hias
Jika kita belum memiliki pengalaman sama sekali dalam menanam tanaman hias sebenarnya inti dari penanamannya sama saja dengan menanam tanaman lain, misalnya bunga, pagar dan lainnya. Pada intinya kita harus memberikan kondisi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan tanaman masing-masing mulai dari kondisi lingkungan, tanah dan lain sebagainya. Supaya lebih jelas bagaimana gambarannya, perhatikan cara agar tanaman hias tumbuh subur yang dijelaskan di bawah ini.
Pilih Jenis Tanaman Terbaik
Untuk mendapatkan tanaman yang subur maka dasar utamanya adalah mulai dari bibit tanaman tersebut. Hendaknya jika kita ingin memiliki tanaman hias yang indah maka kita harus memilih tanaman dari jenis yang paling bagus atau yang terbaik. 
Jenis terbaik tersebut bisa dilihat dari berbagai kriteria mulai dari besar batang, kondisi daun, daya tahan terhadap hama dan lain sebagainya. Maka dari itu tanaman yang akan kita tanam tersebut harus dari bibit tanaman terbaik agar menghasilkan tanaman yang terbaik pula.
Pilih Media Tanam yang Sesuai
Selanjutnya, media tanam juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Karena media tanam ini memberikan pengaruh yang kuat terhadap kesuburan tanaman yang kita tanam nantinya. Media tanam pada umumnya biasa dilakukan dalam dua media yakni tanah secara langsung atau menggunakan pot.

Untuk media tanam yang dipilih, pastikan sesuai dengan kebutuhan tanaman tersebut. Jika menggunakan pot maka sebaiknya diperhatikan benar kebutuhan tanaman tersebut dan sebaiknya susunan media di dalam pot tersebut juga harus diperhatikan. Jika tidak diperhatikan maka tanaman di pot biasanya hanya subur di awal saja dan akhirnya bisa kurang subur.
Berikan Pupuk yang Tepat
Pupuk bisa menjadi hal penting juga yang mempengaruhi pada tingkat kesuburan tanaman hias. Sebaiknya penggunaan pupuk dilakukan dengan dua cara yakni dengan menggunakan pupuk dasar dan juga pupuk tambahan. Pupuk dasar sebaiknya menggunakan pupuk organik yang kemudian dicampur dengan tanah. Selanjutnya, untuk pupuk tambahan, anda bisa menggunakan pupuk kimia namun gunakan yang sesuai dan tidak terlalu banyak. 
Sebagai tambahan atau alternatif kita juga bisa memanfaatkan sisa minuman teh untuk pupuk. Jika pada pagi hari anda memiliki teh/air teh sisa kemarin sore, jangan dibuang percuma, sebab bisa dipakai untuk pupuk tanaman hias kita. Caranya yaitu ambil sisa teh dan ampasnya sekaligus, siramkan pada tanaman anda, lakukanlah setiap pagi.
Siram secara Teratur 
Tanaman layaknya manusia yang memerlukan air. Jika tanaman kekurangan air, maka akan kering dan layu dan selanjutnya akan mati. Sebaiknya kita menyiram tanaman secara teratur karena jika tidak maka tanaman akan mati. Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman adalah pada waktu sore hari dan juga pada pagi hari.

Dalam menyiram tanaman, jangan lupa untuk memperhatikan tingkat kebutuhan air tanaman tersebut. Ada tanaman yang cenderung membutuhkan banyak air tetapi ada juga tanaman yang tidak memerlukan air terlalu banyak. Pastikan penyiraman yang kita lakukan sesuai dengan kebutuhan tanaman.
Rawat Semua Bagian Tanaman
Selanjutnya, yang perlu kita lakukan untuk membuat tanaman hias subur adalah dengan merawatnya secara teratur dan menyeluruh. Untuk itu kita perlu merawatnya secara detail dan telaten termasuk membersihkan ranting yang kering atau membersihkan tanaman lain yang ada di dekat tanaman hias tersebut. Dengan perawatan yang cukup pada tanaman secara keseluruhan maka tanaman bukan hanya akan lebih subur tetapi akan terlihat lebih indah dan menarik.

Cara Agar Tanaman Hias Tumbuh Subur
Sebagai kesimpulan, perlu kita pahami bahwa perawatan merupakan hal mutlak yang harus kita lakukan agar tanaman hias tumbuh subur di rumah kita. Maka dari itu kita harus meluangkan cukup waktu untuk melakukan perawatan tanaman dari mulai penanaman sampai pada perawatan sehari-hari. Dengan tanaman hias yang subur dan indah maka rumah idaman kita juga akan lebih indah

Sumber : http://rumah-idaman-baru.blogspot.co.id/2015/08/cara-agar-tanaman-hias-tumbuh-subur.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar