Rabu, 14 September 2016

Jenis Jenis Tanaman Sayuran

Tanaman ada berbagai macam slah satunya adalah tanaman sayuran atau yang digunakan untuk lauk makan sehari hari. Ini adalah jenis jenis sayuran

1. Terong
    Terong Atau Terung Ialah Tumbuhan Yang Tergolong Dalam Keluarga Solanaceae Dan Genus Solanum. Ia Merupakan Tumbuhan Asli India Dan Sri Lanka, Dan Berhubungan Erat Dengan Tomat Dan Kentang. Buahnya Biasa Digunakan Sebagai Sayur Untuk Masakan. Nama Botaninya Solanum Melongena.

Jenis – Jenis Terong Budidaya

a. Terong ungu

Terong ungu merupakan salah satu jenis terong yang banyak di budidayakan di indonesia, karena harga jual yang tinggi dan juga permintaan yang sangat banyak. Terong ungu ini memiliki bentuk bulat memanjang, berwarna ungu mengkilap, memiliki kulit tipis, dan juga memiliki ujung tumpul. Selain itu, tangkai pada batang terong memiliki panjang sekitar 3-5 cm dan hampir menyerupai mahkota.

 

b. Terong telunjuk

Terong telunjuk ini sudah banyak di kenali dan populer di masyarakat. Selain itu kandungan di dalam terong ini sangat tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Terong ini memiliki bentuk menyerupai telunjuk manusia, berwrna hijau mudah, memiliki garis berwrna putih, tangkai berwrna hijau tua dan kusam dengan panjang 2-3 cm dan memiliki daging lebih relatif sedikit di banding terong unggu. Secara umumnya berat pada terong terong telunjuk ini berkisar 1-2 ons perbuah.

 

c. Terong belanda

Terong belanda merupakan terong yang sangat di gemari dan di sukai banyak orang, karena terong ini biasa di buat jus dan olahan lainnya dan memiliki manfaat dan besar dan tinggi baik untuk kesehatan tubuh. Terong ini memiliki bentuk bulat, memiliki daging banyak, berwrna kemerahan, daging berwarna kekuningan dan kemerahan, dan memiliki biji yang sangat banyak. Biji tanaman ini berwrna hitam dan juga kecokatan, mengkilap dan juga berlendir.

 

d. Terong putih

Terong putih merupakan terong yang sangat di gemari juga, karena memiliki kenikmatan tersendiri. Kenikmatan itu berupa olahan dari masakan dan olahan lainnya, memiliki asupan gizi yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan. Terong ini memiliki bentuk beragam mulai dari bentuk bulat telur dan juga bulat lonjong berwrna putih, memiliki daging banyak berwrna putih, memiliki biji yang banyak berwrna hitam dan kecoklatan mengkilap dan berlendir sedikit.

 

e. Terong pipit

Terong pipit merupakan terong yang banyak di gemari dan di sukai masyarakat, karena terong ini biasaya di olah sebagai bahan tambahan berbagai masakan dan juga tamabahan lainnya. Terong ini memiliki bentuk yang relatif kecil, berwarna hijau mudah, bertangkai pendek, memiliki biji banyak tetapi kecil dan berwarna kehijauan hingga kecoklatan dan berlendir.


2. Sawi 
     Sawi adalah sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip satu sama lain.


Jenis Jenis Sawi

a. Sawi Hijau ( Sawi bunga )
Sawi hijau ( Brassica compestris sp. ) merupakan jenis sawi yang sangat populer di budidayakan. Tanaman sawi hijau ini memiliki batang pendek, daun berwarna keputih-putihan, dan juga memiliki rasa pahit. Tanaman ini dapat tumbuh baik dengan temparatur suhu normal, dan juga baik di budidayakan di dataran tinggi yang mengandung bahan organik serta unsur hara yang baik.

b. Sawi Putih ( Pak choy )

Sawi putih ( B. Juncea L ) merupakan jenis yang sangat di sukai banyak orang dan juga banyak yang membudidayakan tanaman ini. Tanaman sawi ini memiliki bentuk bunga berwarna kuning cerah, daun berwarna hijau mudah hingga tua, memiliki batang pendek dan tidak memiliki rasa. Tanaman sawi ini dapat di budidayakan di dataran rendah dan dataran tinggi dengan berbagai media, harus memiliki curah hujan baik, media tanam memiliki kandungan organik tinggi, subur da gembur. Dan cahaya matahari yang memadai.

c. Sawi Jepun ( Siow pak choi )

Sawi jepun ( Barssica camprestis sp ) merupakan jenis sayuran sawi yang banyak di budidayakan di wilayah tertentu. Tanaman ini memiliki batang pendek berwrna putih, pangkal daun bergaris atau mengkerut kebawah, berwarna hijau muda dan tua. Tanaman ini banyak di budidayakan di wilayah tertentu dengan suhu normal, cahaya matahari memadai, media tanah subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik dan memiliki curah hujan yang baik.

d. Sawi Pahit ( Bitter mustard )

Sawi pahit ( Brassica juncea var rugosa ) merupakan salah satu jenis tanaman sawi terakhir yang paling populer di indonesia. Tanaman ini selain populer juga memiliki daya jual yang sangat tinggi dan juga mudah di budidayakan. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau muda hingga hijau tua, memiliki batang pendek berwrna putih, bunga berwrna kuning cerah, memiliki biji mengkilap berwrna hitam dan juga memiliki rasa khas pahit. Tanaman sawi pahit ini dapat di budidayakan di dataran rendah dan tinggi, dengan suhu normal, media tanam gembur, subur dan banyak mengandung bahan organik dan juga pertumbuhan yang sangat cepat.

3. Bayam 
  
Bayam adalah tanaman sayur-sayuran dengan nama ilmiah Amaranthus spp. Kata "amaranth" dalam bahasa Yunani berarti "everlasting" (abadi). Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting. Tanaman bayam berasal dari daerah Amerika tropik. Tanaman bayam semula dikenal sebagai tumbuhan hias. Bayam dapat tumbuh sepanajng tahun, dimana saja, baik didataran rendah maupun didataran tinggi. Pertumbuhan paling baik pada tanah subur dan banyak sinar matahari. Suhu yang baik 25-36 c dan pH tanah antara 6-7. waktu tanam terbaik pada awal musim kemarau. 
Tanaman bayam dikenalkan sebagai bahan pangan sumber protein, terutama untuk negara-negara berkembang. Diduga tanaman bayam masuk ke Indonesia pada abad XIX ketika lalu lintas perdagangan orang luar negeri masuk ke wilayah Indonesia.
4. Kangkung 

Kangkung (Ipomoea aquatica), juga dikenal sebagai Ipomoea reptans Poir1adalah sejenis tanaman yang termasuk jenis sayur-sayuran dan di tanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar
Kangkung ini bisa disebut dengan swamp cabbage, water convovulus, water spinach, ini bersal dari india. Kemudian menyebar di berbagai wilayah.kangkung mrupakan tanaman yang tumbuh cepat yang memberikan hasil dalam waktu 4-6 minggu sejak dari benih kangkung dikenal dengan nama latin adalah Ipomoea Reptans.
Kangkung tergolong sayur yang sangat populer, karena banyak peminatnya. Kangkung disebut juga Swamp cabbage, Water convovulus, Water spinach. Berasal dari India yang kemudian menyebar ke Malaysia, Burma, Indonesia, China Selatan Australia dan bagian negara Afrika.
5. Gambas 
    
Gambas atau oyong (Luffa acutangula, suku labu-labuan atau Cucurbitaceae), adalah komoditi sayuran minor. Penanamannya biasanya dilakukan di pekarangan atau bagian ladang yang tidak digunakan untuk tanaman lain. Gambas dipanen buahnya ketika masih muda dan diolah sebagai sayur

6. Kacang Panjang

  
Kacang panjang merupakan tumbuhan yang dijadikan sayur atau lalapan. Ia tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Bagian yang dijadikan sayur atau lalapan adalah buah yang masih muda dan serat-seratnya masih lunak, kacang panjang ini mudah didapati di kawasan panas di Asia. Daunnya disebut dengan lembayung dan dapat dijadikan sayuran hijau.


7. Mentimun
   
  Mentimun, timun, atau ketimun dan dalam bahasa ilimiahnya disebut Cucumis sativus L. termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya dapat dimakan dan sering dijadikan sebagai pendamping makanan atau lalapan sebagai sayuran penyegar. Buahnya memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar