Rabu, 07 September 2016

Cara Merawat Tanaman Hias Di Pot


 Cara Merawat Tanaman Hias Di Dalam Pot


1. Pemilihan Pot
Sebelum melakukan penanaman tanaman hias, yang harus diperhatikan adalah saat memilih pot dan media tanam. Usahakan pot yang dipilih sesuai dengan jenis tanaman hias yang akan ditanam. Selain itu usahakan juga untuk memiliki desain pot yang sesuai dengan tempat dimana pot itu akan diletakkan.

Pilih pot yang memiliki lubang drainase yang cukup. Setelah pot siap, langsung isi 1 per 3 pot dengan media tanam, dan masukkan tanaman hias ke dalam pot. Yang harus diperhatikan saat memasukkan tanaman ke dalam pot adalah, jangan menghilangkan semua media asal tanaman karena akan mempersulit tanaman tersebut beradaptasi.
Setelah tanaman masuk ke dalam pot, tutup dengan media tanam yang tersisa dan padatkan. Usahakan untuk tidak mengisi pot sampai penuh. Beri sedikitnya sisa 2 cm agar saat disiram air tidak meluber. Jangan lupa bersihkan kotoran-kotoran yang menempel di dinding luar pot agar tanaman dalam pot terlihat lebih cantik.
2. Penempatan Pot
Selain memilih pot yang tepat, penempatan posisi pot juga sangat berpengaruh terhadap kelangsungan jenis tanaman hias. Ada beberapa jenis tanaman hias yang memang dapat hidup dengan baik apabila mencapat cahaya matahari secara cukup. Jadi apabila tanaman hias adalah tanaman yang termasuk ke dalam tanaman yang membutuhkan banyak cahaya matahari, taruh ke tempat yang memperoleh sinar matahari secara cukup.



3. Penyiraman atau Pengairan
Ada beberapa teknik dalam menyiram tanaman hias dalam pot. Yang pertanam adalah dengan melakukan penyiraman langsung di atas tanah tanaman tempat tanaman tersebut di tanam. Dan cara yang kedua adalah dengan memberikan air pada alas pot. Air akan diserap dengan sistem kapiler. Setiap jenis tanaman memiliki jenis penyiraman masing-masing. Penyiraman yang baik dilakukan pada pagi hari antara pukul 7 hingga pukul 10, atau pada saat sore hari.



4. Pemupukan
Tanaman hias juga memerlukan pupuk untuk menutrisinya sehingga dapat tumbuh dengan subur. Untuk tanaman hias bungan usahakn satu bulan sekali diberi pupuk NPK.



5. Membersihkan Daun
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesuburan tanaman hias adalah dengan membersihkan daun atau tangkai yang gugur setiap 2 minggu sekali. Hal tersebut selain dapat membantu meningkatkan kesuburan tanaman juga dapat memberindah tanaman.


sumber : http://jokowarino.id/berbagai-cara-perawatan-tanaman-hias-di-dalam-pot/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar